Rabu, 30 Maret 2011

Yahoo! MyBlogLog Resmi Ditutup 24 Mei, Komunitas Blogger Meradang

Yahoo! kembali menegaskan kepada pemilik akun MyBlogLog bahwa layanan komunitas blogger itu akan resmi ditutup mulai tanggal 24 Mei mendatang. Sebagai penggantinya Yahoo! menyarankan penggunaan Yahoo! Pulse meskipun fungsinya tidak mirip-mirip benar. MyBlogLog yang didirikan awal Januari 2005 akan menghabiskan masa baktinya setelah 6 tahun. Ini merupakan korban baru kebijakan efisiensi Yahoo! dan bisa dibilang MyBlogLog merupakan salah satu bentuk akuisisi startup yang “salah urus”.
Dahulu kala, sebelum adanya Facebook Social Plugin ataupun Google Connect, MyBlogLog dan
BlogCatalog adalah sarana blogger membentuk komunitas. Komunitas terhadap suatu blog yang menarik, misalnya “Komunitas penggemar DailySocial”.
Tiap blog dengan kedua layanan tersebut dapat memiliki penggemar setia di mana setiap hadir di blog yang diikutinya, akan tampak dalam widget box bahwa seorang blogger telah mampir ke blog tersebut. Di masa jayanya, sekitar medio 2008, MyBlogLog memiliki hampir 300 ribu pengguna dengan klaim total kunjungan ke blog-blog yang memasang widget-nya sebesar 22 juta per harinya.
Keduanya sempat sangat populer dan secara ketat bersaing, hingga akhirnya Yahoo! meminang MyBlogLog menjadi bagiannya di tahun 2007 dengan nilai akuisisi US$ 10 juta. Justru setelah itu cahaya MyBlogLog meredup. Yahoo! tak mampu mengangkat MyBlogLog menjadi suatu alat social media bagi blogger. Pendiri MyBlogLog, Eric Marcoullier, hengkang setelah beberapa bulan membantu masa transisi. Ujung-ujungnya layanan seperti ini tersisih dengan kedigjayaan Facebook yang sebenarnya lebih umum, tak hanya menyasar kalangan blogger.
Sontak keputusan Yahoo! ini menarik reaksi penolakan dari komunitas blogger, terutama yang ada di Amerika Serikat. Reaksi tersebut tidak hanya datang dari blogger secara perorangan tapi bahkan juga dari pendiri BlogCatalog yang notabene adalah (mantan) kompetitornya.  Masih bertahan hingga kini, Tony Berkman sebagai CEO BlogCatalog malah mengkampanyekan untuk mengambil alih pengelolaan MyBlogLog untuk nantinya disatukan dengan layanan BlogCatalog dan BloggersUnite yang dikelola. Sinergi ini dharapkan sebagai hal yang terbaik, win-win solution, baik untuk komunitas blogger maupun untuk Yahoo! sebagai pengelola MyBlogLog saat ini.
Belum ada jawaban pasti dari Yahoo! soal ini, yang jelas di halaman depan MyBlogLog masih tertampang jelas pengumuman soal penutupannya. Sungguh sayang jika Yahoo! tidak akomodatif tentang aspirasi blogger dan komunitasnya. Hal ini pastinya akan menambah catatan panjang penutupan startups yang telah diakuisisi Yahoo! sebagai bagian dari mismanajemen.Sumber resmi.

0 komentar: